DomaiNesia

Membuat Game Dodo Trouble dengan Construct 2 Bagian 2

  • Fajrul Aslim

    Full Stack Developer
    06 Juli 2020, 115x dilihat

Mari kita lanjutkan tutorial selanjutnya dari Tutorial Membuat Game Dodo Trouble dengan Construct 2 Bagian 1. Untuk demo game bisa di download di sini. Adapun yang akan saya jelaskan pada tutorial kali ini adalah, membuat bagaimana spike (rintangan) bergerak dan muncul secara acak. Kemudian bagaimana cara agar skor bertambah. Oke silahkan buka kembali file project pada tutorial sebelumnya, lalu buka panel event.

 

 

Membuat Objek Spike Bergerak

Kita tambahkan sebuah global variable untuk kecepatan spike, klik kanan pilih Add Global variable. Pada panel Edit global variable, isi kolom Name dengan spikeSpeed, lalu pilih Type Number, dan isi kolom Initial value dengan 6. Klik OK.

 

 

Tambahkan event baru, klik Add event. Pilih System lalu pilih Every tick. Kemudian tambahkan action, klik Add action, pilih spike.

 

   

 

Pada panel Add action, pilih Move at angle. Maka akan muncul panel Parameters for spike: Move at angle. Pada kolom Angle isi dengan 90, dan kolom Distance isi dengan global variable spikeSpeed yang telah kita buat sebelumnya.

 

   

 

Sekarang buka panel Layout, kemudian letakkan objek spike seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian kita uji coba dengan melakukan Run Layout.

 

 

Membuat Objek Spike Muncul Secara Acak

Kita telah membuat objek spike dapat bergerak, sekarang kita akan membuat agar spike dapat muncul secara acak, dan dalam kurun waktu yang sudah kita tentukan secara terus menerus. Tambahkan 2 buah global variable. Pertama, kita buat global variable dengan nama spikeSpawnMin, type Number, dan value 0.2. Kedua, kita buat global variable dengan nama spikeSpawnMax, type Number, dan value 0.9.

 

   

 

Tambahkan event baru, klik Add event. Pilih System lalu pilih Every X seconds. Pada panel Parameters for System: Every X seconds, isi kolom interval dengan random(spikeSpawnMin, spikeSpawnMax), klik Done. Artinya kita baru saja membuat kondisi selang waktu secara acak antara nilai 0.2 (spikeSpawnMin ) dan 0.9 (spikeSpawnMax) dari global variable yang kita buat sebelumnya.

 

 

Tambahkan action, klik Add action. Pilih System, lalu pilih Create object. Maka akan muncul panel Parameters for System: Create object. Pada kolom Object to create pilih objek spike, pada kolom Layer isi "player" dengan tanda petik, pada kolom x isi dengan random(20, 460), dan pada kolom Y isi dengan -70. Klik Done. Artinya kita telah membuat objek spike pada layer "player" dan pada posisi acak X antara 20 dan 460, dan posisi Y di -70.

 

 

Kita tambahkan satu action lagi, klik Add action. Pilih System, lalu pilih Wait. Pada panel Parameters for System: Wait, isi kolom Seconds dengan nilai 0.1.

 

 

Artinya setelah objek spike dibuat kita memberikan waktu tunggu selama 0.1 detik untuk system membuat kembali objek spike selanjutnya. Maka kita tambahkan action lagi, dan kita buat create objek sekali lagi seperti pada langkah sebelumnya. Maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

 

 

Menambahkan Skor

Kita telah membuat objek spike dapat bergerak dan muncul secara acak dalam kurun waktu tertentu. Selanjutnya kita akan menambahkan skor pada waktu yang kita tentukan. Pertama kita buat terlebih dahulu objek Text untuk menampilkan skor. Tambahkan object  dengan cara klik dua kali pada layar. Pilih Text, lalu klik Insert.

 

 

Atur dan letakkan text seperti pada gambar di bawah ini dan kita beri nama score.

 

 

Kembali ke panel event, buat global variable baru. Beri nama score, type Number, dan value 0.

 

 

Pada event baris ke 5, tambahkan action baru. Klik Add action, pilih score lalu pilih Set text.

 

   

 

Pada panel Parameters for score: Set text, isi kolom Text dengan "Score: " & score. Klik Done.

 

 

Pada saat dijalankan objek spike akan berada di atas text score, maka untuk mengatasinya, kita buat agar text score selalu berada di atas spike. Tambahkan kembali sebuah action di bawahnya, klik Add action, pilih score, kemudian pilih Move to top. Klik Done.

 

 

Selanjutnya kita buat agar setiap detiknya skor bertambah. Tambahkan event baru, klik Add event pilih System, kemudian pilih Every X seconds. Pada panel Parameters for System: Every X seconds, isi kolom interval dengan nilai 1.0. Klik Done.

 

 

Tambahkan action, klik Add action, pilih System, lalu pilih Add to. Pada panel parameters for System: Add to, pilih global variable score pada kolom Variable, dan isi kolom value dengan nilai 1. Klik Done. Artinya kita akan menambahkan skor sebanyak 1 setiap satu detiknya.

 

   

 

Sebelumnya di baris ke 5 kita membuat agar text score berada di atas, dengan cara yang sama, pada baris ke 6 kita juga dapat membuat agar objek spike berada di bawa. Maka secara keseluruhan event agar tampak seperti pada gambar berikut.

 

 

Demikin tutorial cara membuat game Dodo Trouble menggunakan Construct 2 bagian 2. Tentu saja masih banyak kekurangan dari game ini, antara lain:

1. Pada tutorial pertama, kita membuat agar player dapat bergerak. Yang kita lakukan adalah membuat player berpindah ke posisi yang kita tentukan, tapi tidak membuat player bergerak untuk dapat berpindah, melainkan langsung berpindah.

2. Kita belum membuat aturan yang jelas kapan permainan dimulai dan kapan permainan berakhir.

3. Kita belum buat menu untuk menu awal, dan game over.

4. Dan lainnya.

Nah, tugas kalian untuk melanjutkannya. ????

 

Terima Kasih.

 

DOWNLOAD SOURCE CODE

 

List tutorial

Membuat Game Dodo Trouble dengan Construct 2 Bagian 1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia