Hosting Unlimited Indonesia

Membuat Game Dodo Trouble dengan Construct 2 Bagian 1

  • Fajrul Aslim

    Full Stack Developer
    21 Juni 2020, 14x dilihat

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat game Dodo Trouble dengan menggunakan Construct 2. Mekanisme game kurang lebih adalah di mana pemain berusaha untuk menghindari objek/benda yang jatuh dari atas dengan bergerak ke arah kanan atau kiri, demi meraih skor tertinggi.  Untuk demo game bisa di download di sini. Baik, langsung saja kita buka terlebih dahulu Construct 2.

 

 

Klik New Project, pilih New empty SD portrait 16:9 project. lalu klik Open.

 

 

Kita ubah ukuran Layout Size dan Window Size menjadi 480, 854.

 

 

Membuat Objek Background

Kita akan menambahkan background pada game. Tambahkan object  dengan cara klik dua kali pada layar. Pilih Sprite, lalu klik Insert.

 

 

Pada panel Edit image: Sprite kita ubah ukuran Sprite nya dengan klik tombol Resize, lalu tentukan ukurannya menjadi Width: 480, dan Height: 854, klik OK.

 

 

Kemudian, kita beri warna dengan cara klik tombol Fill, maka akan muncul panel Color Palette, pilih warna (misal Jingga), lalu klik pada kotak Sprite.

 

 

Lalu, pada panel Animation frames, kita tambahkan lagi 4 buah frame, sehingga object background memiliki 5 frame. Klik kanan pada panel Animation frames, pilih Add frames. Lakukan sebanyak 4x, kemudian kita ubah warna tiap frame dengan warna yang berbeda-beda sesuai keinginan. Jika sudah close panel.

 

 

 

Kita beri nama "background", kita atur posisi background menjadi 240, 427 sehingga berada tepat di tengah layout. Kemudian kita ke panel Layer, untuk pertama kalinya semua objek akan berada di layer dengan nama "Layer 0". Kita ubah dan beri nama layer menjadi "background". Jadi objek background tadi terletak pada layer background. Kita kunci layer background, kemudian kita tambahkan layer baru yaitu layer "player". Pada layer ini kita akan menambahkan objek player.

 

 

Membuat Objek Ground

Kita buat object Sprite baru, lalu resize ukurannya menjadi Width 480, Height 100. Kemudian kita beri warna (misal hitam).

 

 

Kita beri nama "ground", dan kita letakkan pada posisi 240, 805.

 

 

Membuat Objek Spike

Kita buat object Sprite baru, lalu resize ukurannya menjadi Width 10, Height 100. Kemudian kita beri warna (misal hitam). Kita beri nama "spike", dan letakkan pada posisi di luar layout. Objek Spike ini yang nantinya akan menjadi rintangan untuk player (object yang jatuh dari atas).

 

 

Membuat Objek Player

Kita buat object Sprite baru, lalu resize ukurannya menjadi Width 40, Height 40. Kemudian kita beri warna (misal putih). Kita beri nama "player", dan letakkan pada posisi 240, 735. Objek Player ini yang nanti akan kita buat dapat bergerak ke kiri dan ke kanan.

 

 

Memberi Event pada Player

Sebelum memberi event pada player, kita tambahkan terlebih dahulu object Touch pada layout.  Klik dua kali pada layout, kemudian pilih Touch, dan klik Insert. Jadi, nantinya player dapat bergerak saat kita memberi fungsi touch (saat kita menyentuh/mengklik layar).

 

 

Selanjutnya kita buka panel Event. Kita tambahkan event saat game pertama kali dijalankan. Klik add event, pilih System, kemudian pilih On start of layout, klik Done.

 

   

 

Lalu, tambahkan action, klik Add action, pilih background, lalu pada kategory Animations pilih Stop, lalu klik Done. Sebelumnya kita telah membuat animation frames pada object background, artinya saat game dijalankan object background akan melakukan animasi berpindah frame secara terus-menerus. Pada event On start of layout kita atur agar background tidak melakukan animasi, untuk itu kita beri action Stop.

 

   

 

Selanjutnya, tambahkan event pilih Touch, lalu pilih Is in touch, dan klik Done. Kemudian beri action, pilih player, lalu pilih Set X, klik Next. Pada panel Parameter for player: Set X, ini kolom X dengan "Touch.X". dan klik Done. Kita baru saja menambahkan kondisi saat kita menyentuh/mengklik layar, maka posisi X pada object player akan mengikuti posisi X di mana kita menyentuh layar.

 

 

Kita tambahkan kondisi saat kita menyentuh layar diluar dari layout. Klik kanan pada event touch yang baru kita buat, pillih Add - Add sub-event(s).

 

 

Kemudian pilih System, pilih Compare two values. Pada panel Parameters for System: Compare two values, Isi kolom First value = Touch.X, isi kolom Comparison dengan < Less than, dan isi kolom Second value = 0. Lalu klik Done. Kemudian, tambahkan action, klik Add action, pilih player, lalu pilih Set X. Pada panel Parameters for player: Set X, isi kolom X dengan 20. Klik Done.

 

   

 

Tambahkan kondisi kedua, kita lakukan sama persis seperti langkah di atas. Kita buat saat Touch.X lebih besar dari 480, kemudian kita set X pada player diposisi 460. Perhatikan gambar.

 

 

Demikin tutorial cara membuat game Dodo Trouble menggunakan Construct 2 bagian 1. Pada tutorial selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana memberikan event pada spike.

 

Terima Kasih.